Apa Itu ASCII Terhadap Ilmu Komputer

ascii, keyboard, komputer


Pengertian ASCII

Kode ASCII atau kepanjangan dari (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Namun, ASCII disimpan sebagai sandi 8 bit dengan menambakan satu angka 0 sebagai bit significant paling tinggi. Bit tambahan ini sering digunakan untuk uji prioritas.

Karakter control pada ASCII dibedakan menjadi 5 kelompok sesuai dengan penggunaan yaitu berturut-turut meliputi logical communication, Device control, Information separator, Code extention, dan physical communication. Code ASCII ini banyak dijumpai pada papan ketik (keyboard) computer atau instrument-instrument digital.

Perlu di ketahui bahwa setiap simbol yang ada pada keyboard, mewakili tiap kode ASCII, misal :
  • Kode ASCII 82 = R
  • Kode ASCII 144 =r
  • Kode ASCII 71 = G
  • Kode ASCII 103 =g
  • Jumlah kode ASCII adalah 255 kode.
  • Kode ASCII 0 - 127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks
  • kode ASCII 128 - 255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik.

Berikut  tabel karakter ASCII pada keyboard diantaranya :

Aisatsu Warden

Aisatsu Warden

Aisatsu Warden

Aisatsu Warden
Baca juga :
Aisatsu Warden

Aisatsu Warden

Kesimpulan

Dengan penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan cara kerja kode ASCII dalam Keyboard dengan cara. koneksi dari keyboard ke komputer mgenggunakan aturan Serial, data dikirim secara seri (terurut) dengan clock serempak dari komputer. Data yang dikirimkan oleh keyboard secara bertahap ditaruh di dalam buffer selanjutnya segera diolah oleh sistem operasi atas bantuan driver keyboard.Dalam keyboard sendiri hanya terdapat tuts (saklar) yang memiliki kode - kode tertentu yang dimengerti olah komputer. Kode-kode ini merupakan Kode ASCII tadi, karena itu, data yang dikirimkan berupa biner.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu ASCII Terhadap Ilmu Komputer"

Post a Comment