Istilah-Istilah Pada Visual Basic

vb, visual basic, microsoft, programmer

Visual Basic merupakan berawal dari bahasa BASIC di Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an kemudian pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat banyak yang didalamnya dan juga disertakan pula bahasa BASIC yang lebih kita kenal juga dengan sebagai QuickBasic / QBASIC. Kemudian pada tahun 1990-an DOS digantikan oleh Windows. Lalu Microsoft akhirnya membuat BASIC versi Windows yang lebih dikenal sebagai Microsoft Visual Basic.

Visual Basic (V.B) adalah RAD (Rapid Application Development) tool yang memungkinkan programmer untuk membuat aplikasi Windows dalam waktu yang sangat sedikit. Ini adalah bahasa pemrograman yang paling populer di dunia dan memiliki program lebih mudah dimengerti dan dipahami pada baris kode dari pesaing yang lainnya. Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan istilah fungsi luar tambahan dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java. Berikut ini merupakan istilah-istilah pada Visual Basic diantaranya, yaitu :
  • Event Driven : Pemrograman Event Driven dapat didefinisikan sebagai suatu teknik arsitektur aplikasi di mana aplikasi memiliki loop utama yang  jelas yang dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu peristiwa seleksi atau acara deteksi dan penanganan peristiwa.
  • GUI (Grafical User Interface) : GUI atau Grafical User Interface Merupakan jenis antar muka pengguna yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program lainnya satu sama lain yang saling berhubungan.
  • DDE (Dynamic Data Exchange) : DDE atau Dynamic Data Exchange merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk memungkinkan suatu aplikasi yang mengunakan basis Windows dapat berbagi data dengan mudah hanya dengan menggunakan Windows Messaging Layer. Oleh karena itu DDE atau Dynamic Data Exchange ini terus bekerja dengan menentukan fungsionalitas dalam windows hingga versi modern ini.
  • OLE (Object Linking and Embedding) : OLE atau Object Linking and Embedding merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan embedding dan menghubungkan ke dokumen dan objek lain untuk saling terhubung satu sama lain. OLE pertama kali dirilis pada tahun 1990, yaitu OLE 1.0 adalah evolusi asli dari “dynamic data exchange” atau DDE, konsep bahwa microsoft dikembangkan untuk versi sebelumnya dari windows. Sementara DDE terbatas jumlah terbatas untuk mentransfer data antara dua menjalankan aplikasi, OLE mampu mempertahankan hubungan aktif antara dua dokumen atau bahkan melekatkan satu jenis dokumen dalam lainnya. dan ada pula OLE 2.0 sebagai evolusi dari OLE 1.0, dan selanjutnya diperkenalkan OLE custom controls yang diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai pengganti yang sekarang usang Visual Basic Extension controls. OLE mengizinkan sebuah editor untuk “pertanian keluar” bagian dari dokumen editor lain dan kemudian mengimpornya kembali. Sebagai contoh, sebuah desktop publishing sistem akan mengirimkan beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama dari menggunakan OLE adalah untuk menampilkan visualisasi data dari program lain bahwa program host biasanya tidak dapat menghasilkan sendiri (misalnya kue-chart dalam sebuah dokumen teks), serta untuk menciptakan file master. Referensi data dalam file ini dapat dibuat dan master file yang bisa lalu telah berubah data yang kemudian akan berpengaruh pada dokumen yang direferensikan
  • DDL (Dynamic-link library) : DDL atau Dynamic-link library merupakan  suatu microsoft pelaksanaan shared library atau lebih tepatnya perpustakaan berbagi dengan menggunakan konsep dalam Microsoft windows dan OS/2 sistem operasi. Perpustakaan ini biasanya mempunyai ekstensi file DLL, OCX (untuk perpustakaan yang mengandung ActiveX kontrol), atau DRV (untuk warisan driver sistem).
  • ActiveX : ActiveX merupakan sebuah kerangka kerja untuk mendefinisikan reusable komponen perangkat lunak yang melakukan fungsi tertentu atau sejumlah fungsi dalam microsoft windows dengan cara yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk melaksanakannya. Sebuah aplikasi perangkat lunak kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih dari komponen ini dalam rangka untuk memberikan fungsinya. program ini diperkenalkan pada tahun 1996 oleh microsoft sebagai perkembangan dari Component Object Model (COM) dan Object linkng dan embedding (OLE) teknologi dan biasanya digunakan dalam windows sistem operasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Pada Visual Basic"

Post a Comment