Pengertian dan Evolusi Ethernet

ethernet, lan, kabel jaringan, internet

Ethernet adalah suatu sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan oleh perusahaan Xerox serta merupakan implementasi dari metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University pada kabel coaxial. Ethernet asli diciptakan pada tahun 1976 di Xerox's Palo Alto Research Center (PARC). Sejak itu, telah melalui empat generasi : Ethernet standard (10 Mbps), Fast Ethernet (100 Mbps), Gigabit Ethernet (1 Gbps), dan ten-Gigabit Ethernet (l0 Gbps). 
ethernet, lan, kabel jaringan, internet
Standardisasi ethernet dilakukan oleh IEEE sejak tahun 1978.

Pada tahun 1985, IEEE memulai sebuah proyek bernama Proyek 802, untuk mengatur standar komunikasi antara peralatan dari berbagai produsen. Proyek 802 tidak berusaha untuk mengganti salah satu bagian dari OSI atau model Internet. Sebaliknya, ini adalah cara untuk menentukan fungsi dari lapisan fisik dan lapisan data link protokol utama LAN. Standar yang diadopsi oleh American National Standards Institute (ANSI). Di tahun 1987, International Organization for Standardization (ISO) juga disetujui sebagai standar internasional di bawah penunjukan ISO 8802. 
Hubungan dari standar 802 dengan model OSI tradisional telah membagi lapisan data link ke dalam dua sublayers: logical link kontrol (LLC) dan Media Access Control (MAC). IEEE juga menciptakan beberapa physical layer standar untuk protokol LAN yang berbeda. 
ethernet, lan, kabel jaringan, internet
Standard IEEE untuk LAN.
Source :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Evolusi Ethernet"

Post a Comment