Tugas 1 - Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

imk, komputer, manusia, interaksi, ilmu komputer



Pengertian dari Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer dengan melalui perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar dapat dengan mudah digunakan oleh manusia dan juga ilmu ini berguna untuk menemukan cara yang paling efisien dalam merancang pesan elektronik. Jadi maksud dari pada interaksi manusia dan komputer merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Bidang Ilmu dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Bidang Ilmu yang berkaitan dengan Interaksi Manusia dan Komputer antara lain :
1. Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.  Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem human-computer interaction (HCI).

2. Psikologi Kognitif
Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi, keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia). Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.

3. Perancangan Grafis, Desain dan Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.

4. Ergonomi
Ergonomi merupakan ilmu yang khususkan dalam mengenai manusia sebagai elemen utama pada suatu sistem kerja yang berhubungan dengan segala aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.

5. Linguistik (Ilmu Bahasa)
Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa maka dari itu untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.

Prinsip dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Pada Interaksi Manusia dan Komputer memiliki berbagai prinsip agar dalam setiap tindakan yang dilakukan dapat sesuai dengan apa yang diinginkan dan dapat berjalan saling berkaitan dalam kehidupan berikut diantaranya prinsip dari IMK  :
  • Accessibility : Sistem yang didesain dapat dipergunakan oleh banyak user.
  • Aesthetically : Dalam setiap unsur yang terkandung didalamnya  mempunyai makna dan estetis tersendiri.
  • Avaibility : Terdapatnya fungsionalitas yang diperlukan tersedia untuk menunjang kinerja.
  • Clarity : Memiliki tampilan elemen visual, fungsi, dan konten yang jelas.
  • Compatibility : Dapat digunakan dengan berbagai macam produk lainnya.
  • Configurability : Dalam susunannya sesuai dengan aturan/prosedur dan requirement.
  • Consistency : Selalu konsisten terhadap perubahan yang datang namun tidak membingungkan.
  • Control : Proses yang berjalan terkendali oleh sistem.
  • Directness : Objek yang ditampilkan berkomunikasi langsung dengan user.
  • Efficiency : Konten yang ditampilkan efisien dan porsi sesuai dengan yang diharapkan.
  • Familiarity : Dapat dengan mudah dikenali, dipelajari, dan dimengerti penggunaannya.
  • Flexibility  : Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan terhadap beragam karakter user yang ada.
  • Forgiveness : Dapat mamahami kesalahan user dan kemudian memberi pesan konstruktif.
  • Immersion  : Fokus pada kepekaan atas feedback terhadap action yang dilakukan.
  • Obviousness : User dapat dengan mudah belajar dan mengerti batasan sistem.
  • Operability : Dapat dipergunakan sesuai prosedurnya.
  • Perceptibility : Desain sistem mampu dimengerti dan menghasilkan proses komunikasi yang lancar.
  • Pleasing :  Memberi kesan menyenangkan dalam penggunaannya.
  • Predictability : Memberikan gambaran mengenai prosedur kemungkinan yang bisa terjadi mengenai apa akibat dari aksi yang user lakukan.
  • Recovery : Dapat dengan mudah memperbaiki maupun diperbaiki atas error yang terjadi.
  • Responsiveness : Dapat dengan mudah menanggap terhadap proses komunikasi dengan user.
  • Safety : Dapat dioperasikan dengan aman oleh user.
  • Simplicity : Mempunyai desain sederhana, mudah dimengerti, tidak terlalu banyak elemen yang tidak diperlukan.
  • Transparency : Proses yang berjalan akan bersifat black box atau white box sesuai kebutuhan user.
  • Trade Offs : Diperbolehkan untuk mengabaikan requirements yang memberi efek negatif.
  • Visibility : Fungsi yang diperlukan saat bagian dari aplikasi dijalankan dapat tersedia dan dipergunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas 1 - Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)"

Post a Comment