Tugas 2 - Analisis Mobile Aplikasi Detik.com dan Republika

detikcom, republika, aplikasi, android, usability

Pengertian

Aplikasi adalah program yang digunakan orang untuk melakukan  sesuatu pada sistem komputer. Mobile dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile berarti bahwa terminal telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi seperti yang kita ketahui bahwa Detik.com dan  Republika merupakan suatu sumber informasi.

Usability

Usability pada dasarnya berguna atau dapat digunakan. Jadi, Usability dalam kaitan dengan IMK merupakan suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna, sehingga semua kemampuan sistem dapat dapat bermanfaat secara maksimal. Usability memiliki lima komponen yaitu :
  1. Learnability : Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali melihat.
  2. Efficiency : Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input).
  3. Memorability : Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat (terbisa) terhadap penggunaanya.
  4. Errors : Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya.
  5. Satisfaction : Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut.
Sedangkan tujuan dari usability pada dasarnya efektif, efisien, aman pada penggunaannya, mudah untuk dipelajari/dipahami, diingat,  serta memiliki utilitas yang baik.

Analisis Tugas

Analisis terhadap website www.detik.com dan rebuplika yang menjadi bahan tugas kami :
  1. www.detik.com adalah pelopor web berita tentang Indonesia yang pertama dibuat, web ini juga memiliki beberapa keunggulana seperti memiliki banyak iklan - iklan yang terdapat pada halaman utama yang memungkinkan orang-orang dapat melihatnya dengan leluasa. Selain memiliki iklan yang banyak detik.com juga memiliki kelebihan dengan kemampuan update berita yang cukup cepat daripada web berita yang lainnya. Detik.com juga memiliki siaran berita atau tv online, tips-tips yang berguna, beberapa macam pilihan berita, menghadirkan info info yang akan berguna mungkinnya bagi user yang membacanya.
  2. detik.com seperti yang kita tau bahwa ia memiliki iklan yang lumayan banyak pada website dia,sehingga mungkin kadang terlalu berlebihan bagi user yang belum terbiasa dengan website itu, karena dengan banyak nya iklan yang terpasang user mungkin akan dapat terganggu atau bahkan sedikit sulit dalam mencari informasi atau memilih informasi mana yang ingin dibaca oleh user yang mengunjungi detik.com
  3. detik.com memiliki kesempatan dalam menarik pelanggan ataupun invenstor agar mereka dapat juga ikut memasang iklan, karena mereka pasti sebelumnya sudah berpikir sebelum memasang iklan,apakan detik.com sering dikunjungi atau tidak. Dengan banyak nya iklan yang dipasang pada detik.com, keuntungan yang diperolehpun akan semakin besar dan akan terus bertambah tiap tahun nya.
  4. Pada saat ini mulai bermunculan website-website yang akan menjadi saingan bagi detik.com, seperti vivanews.com dan sebagainya hal ini mungkin dapat mengurangi pendapatan detik.com pertahunnya, karena udah tersedia media media lain selain detik.com yang dapat dipilih oleh user sesuai dengan keinginan dan selera mereka yang sesuai dengan apa yang disediakan dari tiap-tiap media.
  5. Di aplikasi mobile republika. kontennya sudah mengikuti aturan penulisan website, yaitu adanya gambar dan video, tulisan beritanya pun tidak panjang. Tapi, tidak semua berita di lengkapi dengan konten video. Website ini ditampilkan secara digital, karena website ini tidak ada bentuk fisiknya. Website ini juga interaktif karena menawarkan kolom komentar pada setiap berita, dan pengguna dapat masuk menjadi anggota dari website tersebut. Di website ini tidak ada fungsi virtual dan simulasi. Fungsi networked terdapat di website ini, karena setiap komputer yang dipunya masyarakat Indonesia dapat membuka situs ini dengan bantuan internet. Fungsi hypertextual hanya berada di halaman depan kedua situs ini yang dibuat untuk mempermudah pengguna membuka berita.

Desain Aplikasi

detikcom, republika, aplikasi, android, usability
Tampilan dari Mobile Aplikasi Detik.com

Tanggapan : Menurut kami dari segi tampilan menu awal detik.com lebih mendominasi dengan lengkapnya  topik informasi dari pada Republika.

detikcom, republika, aplikasi, android, usability
Tampilan dari Mobile Aplikasi Republika

Tanggapan : Namun ketika sudah masuk ke dalam topik berita yang kami pilih detik.com lebih sering menampilkan iklan dari pada Republika sehingga  mengganggu kenyamanan si pembaca nya.

Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

Tinjauan :
• User mempunyai perbedaan kebutuhan
• User support seharusnya:
  1. Tersedia tetapi tidak mencolok
  2. Akurat dan kuat
  3. Konsisten dan fleksibel

• Jenis-jenis user support:
  1. Command Based Methods
  2. Context-Sensitive Help
  3. Tutorial Help
  4. On-line Documentation
  5. Intelligent Help

• Merancang user support harus memperhatikan:
  1. Presentasi
  2. Implementasi

• Tipe-tipe Kesalahan (Errors) :
  1. Kesalahan Persepsi
  2. Kesalahan Kognitif
  3. Kesalahan Motor (Gerak)

• Tipe-tipe Slip :
  1. Kesalahan Capture
  2. Kesalahan Deskripsi
  3. Kesalahan Data Driven
  4. Pengaktifan Asosiatif
  5. Hilangnya Pengaktifan
  6. Kesalahan Mode

• Panduan Pencegahan Kesalahan :
  1. Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
  2. Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
  3. Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
  4. Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
  5. Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
  6. Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
  7. Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

• Panduan Recovery Kesalahan :
  1. Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
  2. Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
  3. Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
  4. Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
  5. Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
  6. Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
  7. Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
  8. Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

• Jenis-jenis dari Dokumentasi/Help :
  1. Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
  2. Sistem sederhana, user memanggil dan menggunakannya, lalu memberikan nama.
  3. Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

• Jenis-jenis Bantuan :
  1. Tutorial
  2. Review/Referensi yang cepat
  3. Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
  4. Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)

Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.

• Empat Jenis Bantuan Yang Dibutuhkan User:
  1. Quick Reference
  2. Task-Spesifik Help
  3. Full Explanation
  4. Tutorial

• Kebutuhan Dari User Support :
  1. Availability
  2. Accuracy dan Compieteness
  3. Consistency
  4. Robustness
  5. Flexibility
  6. Unobtrusiveness

• Knolwledge Representation : User Modelling
  1. Quantification
  2. Stereotypes
  3. Overlay Models

•  Knowledge Representation : Domain dan Task Modelling
Pendekatan yang umum dari masalah ini adalah untuk mewakili tugas user dari urutan perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user, command digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang telah disimpan dan mencocokkan dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak cocok, maka dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada sistem PRIAM.

•  Knowledge Representation : Modelling Advisory Strategy
Sistem ini kadang disebut dengan intelligent help yang membuat modelling advisory atau strategi tutorial. Pada sistem ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat yang cocok untuk user, tetapi juga menggunakan metode yang cocok.

•  Teknik Untuk Knowledge Representation
Terdapat empat grup utama dari teknik yang digunakan dalam knowledge representation untuk intelligent help system:
  1. Rule Based Techniques
  2. Frame Based Techniques
  3. Network Based Techniques
  4. Examples Based Techniques

• Masalah dengan Knowledge Representation dan Modelling
Pengetahuan mewakili suatu issue pusat dalam intelligent help system, tetapi tidak tanpa masalah itu sendiri, pengetahuan kadang sulit didapatkan, terutama jika ada domain expert tidak tersedia. Masalah lain adalah menginterpretasikan informasi yang cocok. Masalah lain:
  1. Inisiatif
  2. Effect
  3. Scope

•  Merancang User Support System
Terdapat banyak cara untuk merancangnya dan semua itu diserahkan pada perancang untuk memilih cara yang terbaik akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Perancangan seharusnya tidak seperti “add-on” pada sistem. Secara ideal seharusnya merupakan bagian integral dalam sistem.
  2. Perancangan harus memperhatikan isi dari bantuan dan konteks sebelum teknologi tersedia.

•  Masalah Presentasi
  1. How is help request?
  2. How is help displayed?
  3. Effective presentation of help

•  Masalah Implementasi
  1. Para perancang harus membuat keputusan untuk implementasi berupa secara fisik maupun pilihan yang tersedia untuk user. Keputusan ini sudah termasuk dalam pernyataan command operating system, apakah berbentuk meta-command atau aplikasi. Hambatan fisik berupa screen space, kapasitas memori dan kecepatan.
  2. Masalah lain adalah bagaimana struktur data bantuan: apakah berbentuk single file, hierarchy file atau database.

Sumber : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas 2 - Analisis Mobile Aplikasi Detik.com dan Republika"

Post a Comment